widgets

Rabu, 08 Februari 2012

Biografi Harry Potter



Harry James Potter   (lahir 31 Juli 1980) adalah seorang karakter penyihir
fiktif yang merupakan protagonis dalam serial novel fantasi dan sihir oleh J.K. Rowling dan film yang berdasarkan novel ini. Novel pertamanya, Harry Potter dan Batu Bertuah diedarkan pada 1997, dengan latar belakang cerita yang terjadi pada tahun 1991.

Harry Potter adalah penyihir berdarah-campuran, ibunya Lily Evans adalah kelahiran muggle dan ayahnya James Potter adalah penyihir berdarah-murni, kedua orang tuanya telah meninggal karena dibunuh oleh Lord Voldemort ketika Harry masih bayi. Voldemort sendiri berusaha membunuh Harry, namun kutukannya berbalik mengenainya dan membuatnya hancur menjadi semacam "roh" dalam keadaan setengah hidup. Hal ini meninggalkan bekas luka berbentuk sambaran petir di dahinya. Karena kejadian inilah, ia kerap dijuluki "The Boy Who Lived", yang dibahasa Indonesiakan sebagai Anak Laki-Laki yang Bertahan Hidup (sesuatu yang tidak terlalu ia sukai, serupa dengan sifatnya yang rendah hati). Sejak saat kejadian itu, ia tinggal bersama Keluarga Dursley, yang tidak lain adalah keluarga kakak ibunya, Petunia Evans, suaminya Vernon Dursley dan Anaknya yang bernama Dudley Dursley.

Pada usia sebelas, Harry belajar dari Rubeus Hagrid , Guru Satwa Gaib Hogwarts , bahwa dia adalah seorang penyihir . Ia mulai menghadiri Sekolah Sihir Hogwarts dan diurutkan ke Asrama Gryffindor.Sementara di sekolah, Harry menjadi teman terbaik dengan Ron Weasley dan Hermione Granger . Dia menjadi yang termuda Seeker  lebih dari satu abad dan akhirnya menjadi kapten tim Quidditch asramanya , dan mmenyumbang dua Piala Quidditch sebagai anggota dari tim. Dia bahkan menjadi lebih dikenal di tahun pertama karena melindungi Batu Bertuah dari Voldemort dan menyelamatkan Ginny Weasley dari Kamar Rahasia . Di tahun keempatnya , Harry memenangkan Turnamen Triwizard , meskipun kompetisi berakhir dengan tragedi  kematian Cedric Diggory dan kembalinya Lord Voldemort . Pada tahun ajaran berikutnya , Harry mendirikan Laskar Dumbledore dan berjuang dalam Pertempuran di Departemen Misteri di Harry Potter seri ke-5 , di mana ia kehilangan nya Ayah Baptisnya yaitu Sirius Black, yang adalah seorang figur ayah pengganti baginya.

Harry memainkan peran penting dalam pertempuran Perang sihir kedua & berusaha mencari dan mengancurkan Horcrux Lord Voldemort bersama Ron dan Hermione. Selama Pertempuran Hogwarts , dia menyaksikan kematian Severus Snape ,Fred Weasley ,Remus Lupin ,Nymphadora Tonks ,Colin Creevey , dan banyak lainnya  yang telah tewas juga.

Menurut JK Rowling, segera setelah kemenangannya, Harry bergabung dengan departemen Auror, satuan elit pemburu penyihir hitam (dapat disamakan dengan Kopassus atau Special Air Service, atau satuan polisi dan militer elit lainnya) pada umur 18 tahun di bawah bimbingan Kingsley Shacklebolt dan pada tahun 2007 diangkat menjadi pucuk pimpinan tertinggi Auror (di usia 27 tahun). Ia menikah dengan Ginny Weasley dan memiliki 3 anak yakni james Sirius , Albus Severus , dan Lily Luna.Harry juga menjadi ayah baptis Teddy Remus Lupin(anak Remus Lupin &alm. Nymphadora Tonks yang meninggal dalam pertempuran Hogwarts) . Ia, bersama Ron dan Hermione, Kingsley, dan beberapa orang lainnya mereformasi Kementerian Sihir sehingga dunia sihir menjadi "lebih cerah dan lebih damai".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar